CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Thursday, November 29, 2007

Pengalaman dari seorang teman

Mendengar cerita dari teman saya yg sampai saat ini masih belum mempunyai anak, rasanya ada perasaan takut juga (thn ini dia berusia 39 thn). Dia menceritakan mengenai pengalaman berobat nya krn saking menginginkan anak. Mulai dari program ke dokter sampe pengobatan alternatif. Dia sempat hamil 1x tapi stlh di periksa oleh dokter, dokter tsb mengatakan bahwa tidak ada janin di dalam rahim nya (yg kl kt org2 istilahnya tuh hamil anggur). Dokter pun memberi resep obat untuk di makan & stlh makan obat dari dokter, dia merasa perutnya kesakitan & pendarahan. Sampai saat ini (sudah 7 thn lebih) dia belum hamil2 lagi. G iseng2 nanya ke dia, cara2 medis apa aja yg udah pernah dia coba. Dia menceritakan semuanya & juga menceritakan mengenai laparoskopi (di teropong dlm perut nya dgn cara pembedahan kecil di perut untuk mengetahui apakah ada perlengketan di saluran nya). Dan memang ternyata saluran nya ada masalah sehingga menyulitkan dia untuk hamil. Kasian juga denger pengalaman dari dia. Krn saking sering nya berobat ke sana sini, ampe2 akhirnya badan dia pun melar karena obat penyubur & juga suntik hormon.

Wlp beberapa dktr (3 dokter) sudah mengatakan bahwa g & hubby tidak ada masalah (ga ampe tahap laparoskopi, amit2 deh jgn ampe), tapi sepertinya bln depan g harus kontrol lg ke dokter & g perlu menanyakan obat yg selama ini dia kasih ke g (yg menurut temen g yg jg dktr, lebih baik g jgn byk2 mkn obat itu). Ga enak bgt deh efek dari obat itu yg pasti bikin mual & sepertinya benar perkataan teman g yg waktu itu krn sampai sekarang blm ada tanda2 g hamil.

Rumit juga pemeriksaan buat cw kl program ke dokter kandungan. Mulai dari USG untuk tahu ada sel telur yg ukuran nya dah diatas minimal, untuk tahu apakah ada sesuatu atau tidak di rahim (kista/ myom), ada tidaknya endometriosis, test hormon, HSG, ampe laparoskopi. Dan itu semua membutuhkan biaya yg tidak seditkit.
Belum lagi kl cowo nya juga harus di periksa Biasanya menurut orang2 yg sudah pengalaman, vitamin untuk cowo jauh lebih mahal dari pada obat untuk cw. Dan hal yg paling menyebalkan kl ke dktr kandungan tuh.....ngantri nya lama.

Seperti kata teman g, manusia cuma bisa berusaha tapi yg menentukan semuanya cuma Tuhan.






0 comments: